Notifications
General

BMKG Imbau Waspada Cuaca Buruk di Beberapa Kota

cuaca buruk / Pexels.com

EKSPOSJABAR – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di sejumlah kota besar di Indonesia untuk bersiap menghadapi kondisi hujan yang disertai cuaca berawan di wilayah lainnya.

Prakirawan BMKG Rif’at Darajat, menyebut adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di beberapa wilayah, termasuk Samudera Hindia barat laut Aceh, barat Sumatera Barat, perairan barat Bengkulu, Laut Natuna Utara, dan Laut Cina Selatan. 

Sirkulasi ini membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudera Hindia barat Sumatera, berpotensi memicu pertumbuhan awan hujan.

“Beberapa wilayah Indonesia juga memiliki daerah konvergensi dan konfluensi yang mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di area tersebut,” ujarnya.

BMKG memprediksi hujan petir akan melanda beberapa kota di Sumatera, seperti Medan, Tanjung Pinang, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Bandar Lampung, sementara Banda Aceh diperkirakan mengalami petir. Hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi di Palembang, sedangkan Padang dan Pekanbaru akan mengalami hujan ringan.

Di Pulau Jawa, potensi hujan ringan diperkirakan terjadi di Serang dan Bandung, sementara Jakarta, Semarang, dan Surabaya akan mengalami cuaca berawan tebal. Yogyakarta diprediksi akan cerah berawan.

Di wilayah lainnya, Mataram dan Kupang juga diprakirakan mengalami cuaca cerah berawan, dengan Denpasar diprediksi berawan. BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada dan mempersiapkan diri menghadapi kondisi cuaca tersebut.

Scroll to top